Header AD

header ads

Low Back Pain (LBP) bisa disebabkan oleh apa saja siih? nyadar ga? -bagian 4-






Secara cukup detil, penyebab nyeri pinggang bawah bisa bermacam-macam dan multifaktor. Di antaranya dapat disebut :
1)      KELAINAN KONGENITAL
Kelainan kongenital tidak merupakan penyebab nyeri pinggang bawah yang penting. Kelainan kongenital yang dapat menyebabkan nyeri pinggang bawah adalah :
a)      Spondilolisis dan spondilolistesis
Pada Spondilolisis tampak bahwa sewaktu pembentukan korpus vertebrae itu     ( in utero ) arkus vertebrae tidak bertemu dengan korpus vertebraenya sendiri.
Pada spondilolistesis korpus vertebrae itu sendiri ( biasanya L5 ) tergeser ke depan.
Walaupun kejadian ini terjadi sewaktu bayi itu masih berada dalam kandungan, namun ( oleh karena timbulnya kelinan-kelainan degeneratif ) sesudah berumur 35 tahun, barulah timbul keluhan nyeri pinggang. Nyeri pinggang ini berkurang / hilang bila penderita duduk atau tidur. Dan akan bertambah, bila penderita itu berdiri atau berjalan.
Spondilolitesis dapat mengakibatkan tertekuknya radiks L5 sehingga timbul nyeri radikuler.
b)      Spina Bifida
Bila di daerah lumbosakral terdapat suatu tumor kecil yang ditutupi oleh kulit yang berbulu, maka hendaknya kita waspada bahwa didaerah itu ada tersembunyi suatu spina bifida okulta.
Pada foto rontgen tampak bahwa terdapat suatu hiaat pada arkus spinosus di daerah lumbal atau sakral. Karena adanya defek tersebut maka pada tempat itu tidak terbentuk suatu ligamentum interspinosum.
Keadaan ini akan menimbulkan suatu “lumbo-sakral sarain” yang oleh si penderita dirasakan sebagai nyeri pinggang.
c)      Stenosis kanalis vertebralis
Diagnosis penyakit ini ditegakkan secara radiologis. Walaupun penyakit telah ada sejak lahir, namun gejala-gejalanya baru tampak setelah penderita berumur 35 tahun.
Gejala yang tampak adalah timbulnya nyeri radikuler bila si penderita jalan dengan sikap tegak. Nyeri hilang begitu penderita berhenti jalan atau bila ia duduk. Untuk menghilangkan rasa nyerinya maka penderita lantas jalan sambil membungkuk.
d)      Spondylosis lumbal
Penyakit sendi degeneratif yang mengenai vertebra lumbal dan discus intervertebralis, yang menyebabkan nyeri dan kekakuan.
e)      Spondylitis.
Suatu bentuk degeneratif sendi yang mengenai tulang belakang . ini merupakan penyakit sistemik yang etiologinya tidak diketahui, terutama mengenai orang muda dan menyebabkan rasa nyeri dan kekakuan sebagai akibat peradangan sendi-sendi dengan osifikasi dan ankilosing sendi tulang belakang.
2)      TRAUMA DAN GANGGUAN MEKANIS
Trauma dan gngguan mekanis merupakan penyebab utama nyeri pinggang bawah. Pada orang-orang yang tidak biasa melakukan pekerjaan otot atau sudah lama tidak melakukan kegiatan ini dapat menderita nyeri pinggang bawah yang akut. Cara bekerja di pabrik atau di kantor dengan sikap yang salah lama-lama nenyebabkan nyeri pinggang bawah yang kronis.
Patah tulang, pada orang yang umurnya sudah agak lanjut sering oleh karena trauma kecil saja dapat menimbulkan fraktur kompresi pada korpus vertebra. Hal ini banyak ditemukan pada kaum wanita terutam yang sudah sering melahirkan. Dalam hal ini tidak jarang osteoporosis menjadi sebab dasar daripada fraktur kompresi. Fraktur pada salah satu prosesus transversus terutama ditemukan pada orang-orang lebih muda yang melakukan kegiatan olahraga yang terlalu dipaksakan.
Pada penderita dengan obesitas mungkin perut yang besar dapat menggangu keseimbangan statik dan kinetik dari tulang belakang sehingga timbul nyeri pinggang.
Ketegangan mental terutama ketegangan dalam bidang seksual atau frustasi seksual dapat ditransfer kepada daerah lumbal sehingga timbul kontraksi otot-otot paraspinal secara terus menerus sehingga timbul rasa nyeri pinggang. Analog dengan tension headache maka nyeri pinggang semacam ini dapat dinamakan “tension backache”.
Tidak jarang seorang pemuda mengeluh tentang nyeri pinggang, yang timbul karena adanya anggapan yang salah yaitu bahwa karena seringnya melakukan onani di waktu yang lampau lantas kini sumsum balakangnya telah menjadi kering dan nyeri.
3. RADANG ( INFLAMASI )
Artritis rematoid dapat melibatkan persendian sinovial pada vertebra. Artritis rematoid merupakan suatu proses yang melibatkan jaringan ikat mesenkimal.
Penyakit Marie-Strumpell
Penyakit Marie-Strumpell, yang juga dikenal dengan nama spondilitis ankilosa atau bamboo spine terutama mengenai pria dan teruta mengenai kolum vertebra dan persendian sarkoiliaka. Gejala yang sering ditemukan ialah nyeri lokal dan menyebar di daerah pnggang disertai kekakuan
( stiffness ) dan kelainan ini bersifat progresif.
4. TUMOR ( NEOPLASMA )
Tumor vertebra dan medula spinalis dapat jinak atau ganas. Tumor jinak dapat mengenai tulang atau jaringan lunak. Contoh gejala yang sering dijumpai pada tumor vertebra ialah adanya nyeri yang menetap. Sifat nyeri lebih hebat dari pada tumor ganas daripada tumor jinak. Contoh tumor tulang jinak ialah osteoma osteoid, yang menyebabkan nyeri pinggang terutama waktu malam hari. Tumor ini biasanya sebesar biji kacang, dapat dijumpai di pedikel atau lamina vertebra. Hemangioma adalah contoh tumor benigna di kanalis spinal yang dapat menyebabkan nyeri pinggang bawah. Meningioma adalah tumor intradural dan ekstramedular yang jinak, namun bila ia tumbuh membesar dapat mengakibatkan gejala yang besar seperti kelumpuhan
5. GANGGUAN METABOLIK
Osteoporosis akibat gangguan metabolik yang merupakan penyebab banyak keluhan nyeri   pada pinggang dapat disebabkan oleh kekurangan protein atau oleh gangguan hormonal (menopause,penyakit cushing). Sering oleh karena trauma ringan timbul fraktur kompresi    atau seluruh panjang kolum vertebra berkurang karena kolaps korpus vertebra.penderita         menjadi bongkok dan pendek denga nyeri difus di daerah pinggang.
6.   PSIKIS
Banyak gangguan psikis yang dapat memberikan gejala nyeri pinggang bawah.misalnya anksietas dapat menyebabkan tegang otot yang mengakibatkan rasa nyeri,misalnya dikuduk atau di pinggang;rasa nyeri ini dapat pula kemudian menambah meningkatnya keadaan anksietas dan diikuti oleh meningkatnya tegang otot dan rasa nyeri.kelainan histeria,kadang-kadang juga mempunyai gejala nyeri pinggang bawah.


Sebelumnya kita lihat dulu prinsip kerja tulang belakang (vertebre) secara sederhana, yang bisa dijelasken sebagai berikut;

Vertebra atau spine merupakan suatu rangkaian yang komplek dari beberapa bagian tulang belakang yang bergandengan satu sama lain. Tulang tulang pembentuk vertebra diganjal oleh discus dan diikat oleh ligament serta dikuatkan oleh seperangkat otot.

Unit dasar dari vertebra terdiri dari 2 tulang belakang/vertebra dan 1 diskus. Diskud ini berfungsi sebagai shock breaker atau peredam dan penopang serta mendistribusikan tekanan berat ke segala arah.

Ada 2 sendi kecil (apophyseal joint) yang mengatur pergerakan tulang punggung. Sedangkan ligament akan mengikat tulang belakang/veretebra satu sama lain dan memberikan penguatan tambahan terhadap discus dan sendi tulang belakang; sedangkan otot akan berfungsi sebagai penggerak sekaligus pengontrol dari vertebra. Semua struktur tersebut merupakan faktor penting untuk penguatan tulang belakang.




Kita kembali ke penyebab nyeri punggung bawah (Low Back Pain)

Untuk memiliki pungung yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan lengkung tulang belakang

.

Punggung manusia bekerja seperti sebuah pilar, yang berbeda dengan punggung hewan kaki empat, dimana punggung berfungsi seperti jembatan. Setiap saat kita berdiri atau tegak, punggung harus bekerja mempertahankan tegaknya tulang belakang. Punggung mempunyai 4 lengkungan berkesinambungan yang berfungsi sebagai shock absorber dan penujuang kelenturan gerak tulang belakang .
Jika kita memilik kondisi punggung yang diluar criteria tersebut, maka akan terjadi ketidakseimbangan tulang punggung yang akan menimbulkan keluhan.



Sebab sebab umum terjadinya LBP (Low Back Pain) yang dialami kebanyakan orang adalah:

> Posisi buruk (Poor Posture)


> Bodi mekanik yang salah (Faulty Body Mechanics)
> Stres pekerjaan dan kebiasaan (Stressful Living and Working Habits)

> Alas tidur yang buruk ( Poor Matresses )
> Kecelakaan (Accidents)

> Kurangnya fleksibilitas ( Loss of Flexibility)
> Mundurnya kapasitas fisik (Decline of Physical Fittness)


Macam macam kelainan pada punggung ;

> HNP
Penyebab : bisa bermacam macam, antara lain:

> Angkat barang berat secara salah ( improper lifting )

> Bersin sambil membungkuk

> Gerak kejut pada posisi membungkuk

> dan sebagainya


> Strain otot dan sprain sendi yang akut
Penyebab :

> Jatuh atau kecelakaan /whiplash injury

> Terputar punggungnya (twisting )

> Strain otot dan Sprain sendi yang kronik
Penyebab disini terutama bukan karena suatu kecelakaan atau injuri tapi lebih karena akibat adanya strain pada otot atau sendi yang bersifat menahun atau kronik, terjadi berulang-ulang, yang biasanya dipicu oleh posisi yang buruk atau pekerjaan dan kebiasaan yang buruk. Misalnya duduk menyetir mobil atau saat bekerja pada posisi yang melorot, berdiri dengan otot perut yang relak hingga menonjol dan punggung yang melengkung, atau memelototi komputer dengan kepala condong kedepan dalam waktu yang lama




> Kekakuan sendi
Kekakuan sendi lebih disebabkan oleh adanya strain atau sprain yang sembuh, tapi tidak tercapai gerak yang normal. Bisa juga karena posisi buruk dalam waktu yang lama. Misalnya pada orang yang biasa duduk dan berdiri dengan punggung yang melengkung akan terjadi berkurangnya kemampuan untuk membungkuk.

> Osteoartritis
Osteoartritis timbul sebagai akibat adanya kelainan punggung yang berlangsung lama yang ada hubungannya dengan HNP, strain atau sprain atau cidera yang berulang.


Apa yang harus kita lakukan bila kita mengalami nyeri punggung bawah (LBP)?

> Kompres es ( bila nyeri / trauma baru saja muncul)
Bisa dilakukan sendiri, dengan es yang di kompreskan pada daerah nyeri selama 10-15 menit. Sehari 3-4 kali
> Istirahat
Maksudnya istirahatkan daerah nyeri dari hal hal yang memicu datangnya nyeri

> Relaksasi
Keadaan relak akan menurunkan ketegangan yang timbul akibat nyeri. Bisa dengan tidur atau duduk dalam posisi yang paling nyaman, kalau perlu ganjal dengan bantal secara tepat
> Usahakan posisi yang benar
Termasuk cara bergerak yang benar, cara duduk yang benar, cara angkat barang yang benar dsb


> Ke Dokter atau Fisioterapis
Selain ke dokter, kunjungan ke Fisioterapi sekarang ini sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar. Dengan kompetensi dan legalitas yang dimiliki, Fisioterapis akan memberikan intervensi yang tepat serta edukasi yang dibutuhkan, hingga pasien akan segera bebas dari nyeri dan mencegah terulangnya kasus serupa.



LALU...,APA YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENCEGAH TERKENA NYERI PUNGGUNG BAWAH (LBP) ?



POSISI Duduk

Duduklah secara benar terutama saat bekerja. Karena keasyikan bekerja akan membuat kita lupa posisi yang tidak menguntungkan, dengan akibat akan terjadi penumpukan capai pada daerah punggung, yang bisa memicu timbulnya LBP.


JANGAN :

Duduk yang terlalu melengkung/melorot (slump-sit)

Terlalu membungkuk atau condong kedepan saat bekerja

Duduk lama tanpa interupsi



LAKUKAN

Duduklah dekat dengan tempat kerja

Pilih tinggi kursi yang pas agar kaki bisa menapak lantai

Pilih kursi yang punya sandaran tegak danada sedikit lengkung kaku, untuk menopang punggung secara benar

Saat menyetir duduklah yang tepat agar kaki bisa meraih pedal tanpa merosot

Kalau perlu desain ulang tempat kerja dengan memperhatikan ergonomi


Ada beberapa posisi alternativ yang bisa dipilih sesuai kebutuhan




> Tidur

Tak ada cara tidur yang baku. Yang penting nyaman dan nyenyak.

Cara bangun dari tidur;miring dulu, kaki turun dari bed, baru bangun dangan dibantu oleh tangan
JANGAN :

Tidur di matras yang terlalu empuk. Akan memberikan lengkung berlebih pada punggung, yang bisa memicu timbulnya LBP

Tidur dalam satu posisi terlalu lama, akan memberikan strain pada otot terutama bila tidur lebih dari 7-9 jam

LAKUKAN:

Pilihlah alas tidur yang cukup empuknya, tidak terlalu keras, tapi cukup untuk menyangga lengkung tulang belakang

Pilihlah tempat tidur yang cukup luasnya agar bisa berganti posisi sercara leluasa


> Berdiri

Keseimbangan yang bagus merupakan kunci berdiri yang sehat

JANGAN

Memakai sepatu hak tinggi dan keras atau hak datar pada pemakaian yang lama

Berdiri pada suatu posisi untuk waktu yang lama

Berdiri dengan lutut terkunci, otot perut kendor dan punggung melengkung

Membungkuk saat bekerja di tempat yang rendah


LAKUKAN

Taruh satu kaki lebih tinggi dan sering rubah posisi jika berdiri untuk waktu yang lama. Terutama saat menyetrika atau menggambar sambil berdiri, taruh satu kaki diatas dingklik kecil, dan ganti posisi secara reguler.


Sesuaikan ketinggian tempat kerja dengan potur kita

Rubah posisi sesering mungkin

Pilih sepatu yang tepat untuk menunjang lengkung / arkus kaki



>BODI MEKANIK

Cara mengangkat, membawa dan meraih yang benar tidak tergantung pada seberapa kuatnya kita , tapi lebih kepada benar atau tidak teknik yang kita pakai.

Ada beberapa teknik yang harus diketahui agar kita terhindar dari cidera punggung saat melakukan aktivitas aktivitas tersebut.

Cara mengangkat barang

Jangan menunduk, kepala tetap tegak, dagu merapat ke leher, punggung tegak

Lakukan seperti atlet angkat berat melakukan angkat besi

Taruh barang yang akan diangkat sedekat mungkin dengan tubuh kita

Pandai pandailah memperkirakan antara besar dan berat benda yang akan kita angkat dengan kemampuan kita. Bila diluar kemampuan kita, carilah bantuan.

>INTERUPSI
Bila bekerja pada suatu posisi untuk waktu yang lama, lakukan jeda sejenak dengan melakukan gerak yang berlawanan

Semoga informasi dapat berguna sehingga dapat meminimalisir penyebab LBP akibat keteledoran sikap dalam beraktivitas sehari-hari ^_^ cmiw

sumber: dari segala sumber :)
Low Back Pain (LBP) bisa disebabkan oleh apa saja siih? nyadar ga? -bagian 4- Low Back Pain (LBP) bisa disebabkan oleh apa saja siih? nyadar ga? -bagian 4- Reviewed by Lya on 6:57 PM Rating: 5

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post AD

home ads